JUKNIS AKSIOMA DAN KSM 2017 MI KABUPATEN GARUT

JUKNIS AKSIOMA DAN KSM 2017 MI KABUPATEN GARUT
Pesatnya  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  saat  ini  telah  mengantarkan  umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan.  Era  kompetisi  global     melahirkan tantangan  pada  berbagai aspek kehidupan  umat  manusia,  tidak terkecuali  pada  bidang pendidikan.



Pendidikan pada era ini harus mampu   mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetitif, serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya.  Realisasi pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif merupakan hal mutlak untuk dimiliki setiap peserta didik dalam menghadapi tantangan di era kompetisi global.

“…..maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan”

(QS. Al-Baqoroh: 148)
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”

(QS. Al-Mujadalah : 11)
Dari Abdullah bin Mas‟ud r.a. Nabi Muhamad pernah bersabda :”Janganlah ingin seperti orang lain,  kecuali  seperti dua orang  ini.  Pertama  orang yang  diberi  Allah  kekayaan  berlimpah  dan ia membelanjakannya secara benar, kedua orang yang diberi Allah al- Hikmah dan ia berprilaku sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain (HR Bukhari).

Kompetisi  Sains  Madrasah  (KSM)  diharapkan  mampu  memupuk  motivasi  siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.  Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkan setiap siswa kecamatan / gugus mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.

Selain itu, kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal dibidang nya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari. Pada kegiatan ini juga peserta dilatih dan dibiasakan untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan di atas.


Tempat dan Tanggal Pelaksanaan

Tingkat Kecamatan      11 Maret 2017                            di masing-masing Kecamatan
Tingkat Kabupaten      13 April 2017                               di MIN 2 Garut dan sekitar
Tingkat Provinsi           22-24 Mei 2017                            di Kota/Kab. Cirebon
Tingkat Nasional           7-12 Agustus 2017                    di Jogjakarta

DOWNLOAD JUKNIS LENGKAPNYA

DI SINI 

Aksi Madrasah AKSIOMA Ibtidaiyah Kompetensi Sains Madrasah MI

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel